Sabtu, 21 April 2012

Arti Emansipasi di Mata Kartini Masa Kini


Arti Emansipasi di Mata Kartini Masa Kini


Image: corbis.com
Image: corbis.com
JAKARTA - Emansipasi. Kata yang melekat erat pada RA Kartini ini menunjukkan perjuangan beliau dalam memperoleh kesetaraan dengan pria di eranya.

Mengandung arti persamaan derajat, emansipasi tentu dimaknai berbeda oleh para perempuan. Lantas, apa kata para mahasiswi mengenai emansipasi?

"Menurutku, emansipasi adalah kesetaraan derajat, tapi kalau kodrat tetap berlaku," kata Tyas, mahasiswi Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung kepada Okezone melalui Blackberry Messenger (BBM), Sabtu (21/4/2012).

Hal senada juga diungkapkan Ebi, mahasiswa Jurnalistik Unpad. Dia menyebutkan, emansipasi adalah perjuangan untuk mendapatkan hak-hak yang sepadan serta pandangan atau anggapan yang setara juga.

"Jadi jangan sampai ada pembedaan karena gender. Mau dia cewek atau cowok. Lebih dilihat dari kemampuan masing-masing saja," ujar Ebi.

Tidak jauh berbeda, Hana, mahasiswa Psikologi Universitas Atmajaya Jakarta menyebutkan, bentuk emansipasi harus tercermin dari berbagai bidang, bukan bidang tertentu saja. "Emansipasi adalah kesetaraan derajat wanita. Setaranya enggak hanya dalam pekerjaan saja, tapi dalam segala hal," tutur Hana.

Hana menyatakan, saat ini emansipasi wanita sudah semakin terlihat dan perbedaan antara laki-laki dan wanita sudah tidak ada. "Sudah banyak pekerjaan laki-laki yang dilakukan wanita. Jabatan wanita dalam pekerjaan juga sudah enggak dibedakan. Banyak malah wanita jadi pemimpin," kata mahasiswi angkatan 2007 tersebut.(rfa)

Post By: Evan Maulana

0 komentar:

Posting Komentar